Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Selasa, 27 Januari 2015

Cara Membedakan Antara Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Cetak (Printing Motif Batik)

Aman Lase with Batik Tulis Lasem Slimfit

Batik kini sudah mengikuti perkembangan zaman, tidak hanya dipakai oleh orang dewasa untuk acara formal atau untuk ke kantor, tetapi juga anak muda yang bisa dipakai untuk gaul sampai ke baju anak-anak.
Karena itu, para Desainer berusaha menampilkan model batik sesuai dengan kebutuhan. “Kini sudah banyak sekali desainer Indonesia yang mengikuti perkembangan mode sehingga batik hadir dengan motif dan bentuk yang beraneka ragam. Namun hati-hati karena ada juga yang tidak menggunakan batik asli.


Aman Lase with Batik Tulis Lasem Slimfit



Kepopuleran batik membuat banyak perajin memproduksi tak hanya batik tulis, melainkan batik cetak. Selain untuk mengejar banyaknya produksi, juga kecepatan waktu produksi. Tapi bila Anda tetap ingin memilih batik tulis, berikut cara membedakan antara batik tulis dan batilk cetak:

1. Warna Batik
Batik yang asli memiliki warna yang natural, sedangkan tekstil bermotif batik warnanya sintetik, tidak alami dan buram. Melihat pekerjaannya yang menggunakan tangan, motif batik asli akan terlihat tidak beraturan. Berbeda yang menggunakan mesin, motifnya lebih beraturan atau rapi namun menghilangkan nilai seni batik indonesia.


2. Teksturnya
Batik yang asli bila dipegang, kainnya akan mudah jatuh, tidak kaku serta teskturnya lembut. Sedangkan yang tidak asli bila dipegang kainnya kaku serta memiliki tekstur yang relatif kasar. Hal ini disebabkan sifat pewarna yang hanya menempel pada lapisan luar kain, tidak meresap pada kain seperti halnya batik yang asli.


3. Aroma Khas Batik Indonesia memiliki aroma yang khas seperti bau lilin. Sedangkan tekstil bermotif batik mengeluarkan bau minyak yang kuat. Batik asli, sisi dalamnya memiliki motif dan warna yang hampir sama dengan sisi luarnya sedangkan tekstil bermotif batik, bila diperhatikan motif dan warna sisi dalam berbeda jauh dengan sisi luarnya.

4. Harga
Harga mahal karena proses pengerjaannya masih bersifat tradisional. sebaiknya membeli batik Indonesia di tempat yang sudah dipastikan  keasliannya, contohnya di Toko Batik Aman Lase Collection :).



Aman Lase with Batik Tulis Lasem Slimfit


Batik Cap

Teman saya, produsen batik Pekalongan, mengingatkan teman-teman di Facebook untuk berhati-hati ketika membeli batik, terutama membeli batik tulis di toko atau outlet tidak terkenal. Keputusan membeli biasanya dilakukan dengan singkat dan didorong bujukan penjual. Penjual punya kecenderungan untuk mempercepat transaksi agar pembeli tidak berubah pikiran. Namun demikian, jangan sampai hal itu membuat pembeli menjadi tidak teliti.


Aman Lase with Batik Tulis Lasem Slimfit

Penjual yang juga produsen, biasanya bisa menerangkan dengan baik perbedaan antara masing-masing proses dan mutu, sehingga meski harga batik tulis lebih mahal, pembeli bisa diyakinkan bahwa harganya pantas untuk batik tulis yang proses produksinya 2-3 kali lebih lama dari proses produksi batik cap. 


Aman Lase with Batik Tulis Lasem Slimfit

Penjual yang hanya menjual, tidak memproduksi sendiri, kadang tidak mengerti perbedaannya, bahkan tidak peduli. Penjual memang ada yang menipu, namun kita berbaik sangka saja bahwa penjual hanya berpatokan dari informasi pengumpul yang bisa salah, atau asal tebak saja dari tempat kulakannya. Jadi jika berhasil menawar rendah satu kemeja batik tulis, jangan terburu-buru senang, karena mungkin harganya memang serendah itu karena itu batik cap.

  • Secara kilat, beda batik tulis dan cap bisa dilihat dari pengulangan motif. Batik tulis dibuat secara manual menggunakan canting dan tangan, sedangkan batik cap menggunakan mold / cetakan yang bentuknya kotak. Dengan demikian, tidak mungkin ada pengulangan yang benar-benar presisi atau sama persis di batik tulis, sebaliknya di batik cap akan persis sama. Sebaiknya jangan cepat percaya kata-kata penjual bahwa itu batik tulis dengan kain berkualitas, padahal hanya batik cap dengan kain kualitas rendah.
  • Di batik batik cap, akan tampak sambungan-sambungan akibat dari batas cetakan tadi. Di batik tulis, tentunya tidak ada.
  • Motif di batik tulis biasanya berbentuk garis-garis lengkung, bukan lurus. Susah kan membuat garis lurus di kain yang tidak diletakkan di bidang datar.
  • Jika kurang yakin, lihat saja bagian dalam kain. Di batik cap, bagian dalam hanya berupa bayangan tipis, sementara di bagian dalam batik tulis, batik-nya terlihat hampir sama bagus dengan bagian luar. 
  • Harga batik tulis bisa dua kali lipat atau bahkan lebih dari dari harga batik cap, tergantung bahan dan rumit tidaknya motif. Karena batik tulis mudah dikostumisasi sehingga sering ada permintaan motif khusus.

Aman Lase with Batik Tulis Lasem Slimfit

Seiring perkembangan Zaman, muncul teknik-tenik pembuatan motif Batik sbb :
6. Jumputan

Demikian, teliti sebelum membeli. Jangan buru-buru kecewa jika batik anda cepat rusak dan sobek. Perlakuan batik tulis berbeda dengan batik pabrikan seperti buatan China, karena bahan-bahannya alami bukan kimia berbahaya, jadi tidak bisa asal masuk mesin cuci. 
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru