Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Sabtu, 17 September 2016

Kolektor: Batik Bisa Jadi Investasi Menjanjikan



Kain batik selama ini hanya dianggap sebagai koleksi sandang semata. Namun tidak bagi para kolektor batik. Mereka menganggap batik seperti sebuah lukisan yang bisa dijadikan investasi jangka panjang, karena merupakan karya seni yang sangat tinggi.

"Batik sangat identik dengan Indonesia. Jadi pasarnya sangat luas dan beberapa kolektor asing, seperti Jepang, Amerika, Australia dan negara ASEAN, seperti Singapura dan Malaysia sangat antusias mengumpulkan batik sejak puluhan tahun yang lalu," kata Rahmat, kolektor batik, di Jakarta, Minggu (26/4).


Dia menjelaskan, mengoleksi batik membutuhkan waktu lebih lama. Biasanya yang dikeluarkan pun jauh lebih murah daripada mengoleksi lukisan.


"Ketika kain bertambah tua dan dijual kepada kolektor batik lain, maka harganya bisa saja setara atau bahkan lebih tinggi dari lukisan tertentu akibat sangat langkanya," kata Rahmat.

Tapi sayangnya, para kolektor masih banyak yang salah beli tekstil cetak bermotif mirip batik dan dikira batik tulis. Masyarakat juga, belum banyak yang memandang batik sebagai barang seni dengan potensi investasi tinggi. Padahal, ada batik tulis antik yang harganya di atas lukisan maestro berukuran kecil.


Rahmat sendiri mempunyai batik Oey Soe Thoen dan Kopi Tutung yang berusia 95 tahun. Batik tersebut dipamerkannya pada pameran di Galeri Apik, Jakarta, hingga 25 Mei mendatang.


"Jadi yang dipamerkan itu semuanya adalah kain unggulan (wastra prima). Batik tulis itu dekat dengan citra wanita berkain. Bagi saya keduanya, baik lukisan maupun batik memiliki nilai seni dan budaya tinggi, karena kreativitas perancangnya yang mengagumkan, memiliki banyak arti simbol khas dan dibuat tangan," kata Rahmat yang juga Direktur Galeri Apik itu.


Dalam pameran tersebut bertajuk "Small Bites", Rahmat  memamerkan kain batik klasik dan kebaya antik. Termasuk kain tenun wastra nusantara berusia 40 tahun lebih, dan koleksi batik-batik tua berusia 80 tahun lebih dari perancang terkenal zamannya.


(antara)
link by Aman Lase Collection
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru