Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Senin, 25 Mei 2015

JKT48 Eksplor dan Ajak Cintai Batik

BANGGA: Dari kiri, Michelle, Andela, dan Desi menunjukkan hasil membatik di Museum Tekstil Jakarta, Minggu (24/5). (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)
Banyak cara bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap 20 Mei. Member JKT48, misalnya, mengajak para fans belajar membatik di Museum Tekstil, Minggu (24/5). Kegiatan itu dipilih karena masih banyak anak muda yang kurang bangga dengan batik meski menjadi identitas nasional.
Member yang berpartisipasi pada official fans club (OFC) itu berasal dari Tim T.  Setiap satu member membatik bersama 3 atau 4 fans. Desain batik berbentuk bunga disediakan oleh pihak museum. Masing-masing member dan fans mendapat satu desain untuk dilukis dengan malam menggunakan canting.
Satu kompor diletakkan di antara member dan fans. Dengan telaten, mereka mulai menyelupkan canting ke wajan yang berisikan malam panas. Ada yang rapi, tapi tidak sedikit yang berantakan karena meluber ke mana-mana. ’’Membatik itu susah, kalau kehilangan fokus bisa berantakan keluar garis,’’ ujar Andela Yuwono.
Membatik yang dia lakukan adalah kali kedua. Pengalaman pertama didapatnya saat masih sekolah dasar (SD). Tapi, tetap saja tidak membuatnya lebih relax. Meski demikian, dia senang karena fans yang ikut cukup banyak. Jadi, harapan untuk memperkenalkan budaya asli bangsa itu bisa tersampaikan.
Member Tim T lainnya, Maria Genoveva Natalia Desy Purnamasari menambahkan, fans JKT48 yang kebanyakan anak muda bisa menjadi sarana tepat untuk menggelorakan kebangkitan nasional. Meski yang baru bisa mereka lakukan adalah memperdalam pengetahuan cara membatik. ’’Banyak yang baru pertama kali (membatik) lho,’’ katanya.
Nah, bagaimana kalau kostum panggung JKT48 juga bertema atau memiliki unsur Batik? Desi memastikan itu bakal keren. Namun, tentu saja bergantung pada dengan keputusan manajemen untuk mengizinkan atau tidak. ’’Kalau ada kesempatan, pengin banget,’’ tutur Desi.
Selain untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, JKT48 juga memperkenalkan museum tekstil debagai destinasi wisata di Jakarta. Seperti yang diberitakan sebelumnya, sister group AKB48 itu dipilih menjadi duta Enjoy Jakarta oleh Pemprov DKI Jakarta. 
(jawapos)
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru