Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Kamis, 04 Juni 2015

Batik Gradasi

foto : batiks128 dot blogspot dot com


Batik itu dari Indonesia dan kita harus bisa mempertahankan batik. Coba lihat sekarang ini toko batik di Malioboro makin banyak yang berjualan batik. Bahkan toko yang tadinya jualan tekstil kini banyak beralih menjadi pedagang batik, di sinilah saya menangkap peluang ini,” ujar wanita kelahiran Yogyakarta tahun 1953 ini.


Dengan tekadnya, Nunuk pun mendirikan Batik Berlian Nurindo yang berlokasi di Jalan Nogosari Kidul No 1 (Ngasem) Yogyakarta. Ia mengangkat perajin lokal yang tak hanya berasal dari Kota Yogya, tapi juga Klaten, Bantul, dan Sleman.


Garis rancangannya lebih kepada batik kontemporer dengan paduan motif abstrak. Namun tetap menonjolkan pola tradisional khas Yogyakarta. Motif-motif khas tersebut dipadukan dengan tren busana masa kini sehingga memiliki daya tarik tersendiri.


Ssatu yang khas dalam batiknya adalah menggunakan teknik pewarnaan gradasi. Memang, awalnya adalah mori putih polos. Kemudian diberikan tiga warna dasar. Biasanya memang hanya tiga warna yang dipakai, karena jika kurang akan terlalu sedikit dan jika kebanyakan akan terlalu ramai dan menghilangkan motif batiknya itu sendiri.


Batik Gradasi dan Batik Pelangi adalah salah satu teknik pewarnaan batik dengan kombinasi warna-warna yang bervariasi dan kontras. Kekuatan dan nilai seni dari batik ini terletak pada kombinasi warna, di samping dari motif yang digunakan tentunya.

Bagi sebagian pecinta batik yang fanatik pada batik etnik atau batik klasik dan batik natural, batik gradasi pelangi bisa menjadi kurang begitu menarik. Batik gradasi pelangi sengaja diciptakan untuk segmen yang baru merintis untuk mencintai batik, seperti generasi muda, kaum remaja maupun abg. Namun demikian tidak jarang dari segmen usia mature dan eksekutif yang menggemari batik gradasi pelangi ini.


Proses pewarnaan batik gradasi pelangi adalah menggunakan ‘hand made’ dengan bantuan alat spon, sehingga untuk pembuatan beberapa lembar kain batik gradasi pelangi bisa jadi corak pewarnaannya tidak begitu sama persis karena corak pewarnaannya cenderung menggunakan corak abstrak. Oleh karena itu batik gradasi pelangi kurang ‘inline’ jika digunakan untuk pembuuatan pakaian dengan model motif menyambung.

Pembuatan model pakaian dari kain batik gradasi pelangi biasanya menggunakan pola-pola ‘cross’ yang dikombinasi dengan aksen benang jahitan yang kontras sehingga akan nampak lebih ‘matching’ ketika sudah menjadi pakaian busana batik.


Batik gradasi pelangi juga diciptakan sebagai bentuk kreatifitas, keunikan dan keberanian dari seniman dan pengrajin batik dalam menuangkan ide-ide seni batiknya. Jadi tak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak menggunakan busana batik untuk kehidupan sehari-hari, baik itu digunakan di kantor, di rumah, acara resmi, acara pesta, acara santain hingga baju tidur sekalipun.

(jualbatikpekalonganindonesia dot blogspot dot com)
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru