Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Jumat, 12 Juni 2015

Batik Tulis Lasem Itu Beda !. Ini Dia Keistimewaannya

Foto : Aman Lase dikelilingi indahnya Batik Tulis Lasem


Dinamakan batik batik tulis Lasem karena batik ini berasal dari Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.


Batik Tulis Lasem sangat kaya warna. Sehelai kain batik tulis Lasem bisa terdapat berbagai campuran warna, baik itu warna cerah maupun gelap. Kombinasi banyak warna ini adalah salah satu keistimewaan batik tulis Lasem. Semakin banyak jumlah warna pada sehelai kain batik tulis Lasem maka dipastikan semakin mahal harganya. 

Jumlah warna sama artinya dengan jumlah proses pewarnaan yang tentu saja semakin banyak warna maka membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama, biaya lebih besar dan proses pelilinan yang lebih sulit.



Foto : Amana Lase dengan background Batik Tulis Lasem


Motif batik tulis Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Tionghoa. Di daerah Lasem sebagian besar penduduknya adalah warga keturunan Tionghoa yang sudah sangat membaur dengan warga keturunan Jawa, hal ini bisa dirasakan  dari dialeg berbicara yang 'medok' Jawa dan banyak nya pernikahan campuran antara keturunan Jawa dan Tionghoa di Lasem. Dahulu pembatik di Lasem memang didominasi oleh warga keturunan Tionghoa. Terdapat motif Naga, burung Ho, Tiga Negeri dan banyak lagi yang menggambarkan kebudayaan Tioghoa pada batik tulis Lasem yang tentu saja dipadu dengan budaya Jawa.


Motif sangat kaya, mulai dari tumbuhan, binatang, bunga-bunga dengan ukuran yang kecil-kecil dan detail yang tentu saja menunjukkan tingkat kerumitan yang tinggi pada pengerjaan batik ini.


Batik Tulis Lasem bahan katun primis



Berdasarkan kesulitan pengerjaan batik tulis Lasem ini pulalah maka batik ini hingga saat ini belum dibuat dalam sehelai kain berbahan sutra, dolby, tetapi dibuat pada katun berkualitas tinggi, yaitu katun primis atau katun kualitas sedang yaitu katun prima.

Tidak seperti motif batik dari daerah lain, sangat jarang bisa ditemui  printing dan cap batik Lasem, bahkan hampir tidak ada. 


Batik Tulis Lasem 1 Warna



Untuk yang satu warna hingga dua warna, biasanya batik tulis Lasem dibuat pada sehelai kain katun prima, lebih dari dua warna dibuat pada kain katun primis. Harga kain batik tulis Lasem berkisar seratus lima puluh ribu rupiah hingga dua setengah juta rupiah.

Dikarenakan harga nya yang relatif mahal, maka sehelai kain batik tulis Lasem yang jumlah warna nya satu atau dua saja yang dibuat menjadi baju. Tidak semua penjahit juga berani menjahit kain batik tulis Lasem. 


Penulis: Aman Lase
www.amanlase.com
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru