Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Kamis, 11 Juni 2015

Inalum Latih Warga Bikin Kain Tenun Khas Batubara, Sumatera Utara

Kawasan Industri PT Inalum


PT Indonesia Asahan Alumunium mengadakan pelatihan pembuatan kain tenun khas setempat kepada para warga di Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.
Siaran pers yang diterbitkan Inalum, Senin (8/6/2015), menyebutkan pelatihan tersebut dihelat melalui kerja sama dengan PT PNM (Persero) dan Diskoperindag.
Pelatihan pembuatan kain tenun khas Batubara diikuti tiga kelompok atau 15 pengrajin yang berasal dari Desa Kampung Lalang (Tg.Tiram), Desa Benteng (Talawi) dan Desa Padang Genting (Talawi) yang berakhir pada 5 Juni 2015 di MPH – Tanjunggading.
Pelatihan tersebut meliputi manajemen usaha, pembukuan, pemasaran dan packaging.
Mustafal Akhyar, Sekretaris Diskoperindag & UKM Batubara mengungkapkan pemkab memberikan apresiasi kepada PT Inalum yang telah peduli dan mendukung pelestarian dan pengembangan kerajinan kain tenun khas Batubara melalui pelatihan dan bantuan 15 unit alat tenun tradisional.
"Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya baik melalui usaha pemasaran yang menarik dan inovatif," ujarnya.
"Kita ketahui bersama kain songket batubara adalah salah  tenun satu ciri khas dan kebanggaan Kabupaten Batubara," tambah W.Djoko Laksono, Deputy General Manager Umum & CSR PT Inalum.
Kelompok pengrajin dan 15 peralatan tenun tradisional direkomendasikan serta dipersiapkan oleh Diskoperindag Batubara dengan memanfaat pengusaha lokal.
Pelatihan ini diakhiri dengan studi banding dan pembinaan untuk beberapa waktu ke depan.
Kamisyah, salah seorang pengrajin kain tenun khas Batu Bara dari desa Padang Genting Kecamatan Talawi mengaku dirinya sangat terbantu dengan adanya pelatihan dan bantuan alat tenun ini.

(bisniscom)
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru