Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Kamis, 11 Juni 2015

Penari Karnaval Pernikahan Anak Jokowi Kreatif Olah Batik Jadi Kostum Heboh




Selvi datang ke lokasi ijab kabul di Graha Saba Buana, Solo dengan kereta kudanya, sedangkan Gibran datang berjalan kaki. Kedua pasangan yang kini telah sah menjadi suami-istri itu pun diiringi oleh iring-iringan penari dari Komunitas Red Batik Solo. 


Masing-masing mempelai diiringi oleh 11 orang penari yang berlenggak-lenggok di samping kereta kuda. Penampilan penari karnaval yang berjumlah sekitar 22 orang itu sukses membuat suasana di sekitar lokasi ijab kabul menjadi meriah karena mereka tampil dengan kostum karnaval yang heboh. 


Komunitas Red Batik Solo merupakan komunitas kostum karnaval di Solo yang memiliki kreativitas tinggi dalam mengolah busana yang mereka kenakan. Mereka tampil maksimal dengan kostum ekstravaganza lengkap dengan hiasan kepala besar yang terbuat dari bambu, tanaman, biji-bijian. 




Dalam membuat kostum, Red Batik Solo memang selalu menggunakan kain batik yang dikolaborasikan dengan elemen dari alam untuk aksesori kepala, gelang dan kalung. Untuk baju yang dikenakan, mereka mengkreasikannya sendiri tanpa dijahit. 



Memanfaatkan kain-kain tradisional Solo seperti batik sogan dan lurik, mereka memodifikasinya menjadi kostum yang dikenakan dengan cara dililit-lilitkan ke tubuh. Untuk mengunci busana agar tidak lepas, mereka mengandalkan kawat dan peniti.


Komunitas Red Batik Solo sudah sering tampil di berbagai acara di Solo. Jokowi pun sangat terkesan dengan penampilan mereka sehingga ia meminta langsung Red Batik Solo untuk memeriahkan pernikahan anaknya sebagai pengiring Selvi dan Gibran saat berada di kereta kuda. 


"Diminta oleh pak Jokowi. Kita sudah sering diminta buat nari karnabal. Sudah sering ikut event semenjak Jokowi jadi walikota Solo," ujar Atha Oktaviana, salah satu penari karnaval yang ikut mengiringi Selvi saat ditemui Wolipop di Graha Saba Buana, Solo, Kamis (11/6/2015). 


Diungkapkan Atha, timnya telah mempersiapkan diri sejak subuh. Busana yang mereka kenakan pun dibuat secara spontan. "Sudah siap-siap sejak jam lima pagi. Bajunya juga dibikin dadakan tadi pagi soalnya cuma dililit aja, tidak dijahit," ungkapnya.

(detik)


Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru