Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Sabtu, 18 Juli 2015

Batik Besurek Khas Bengkulu



foto : jalanjalanyuk.com


Peninggalan Islam tak hanya dalam bentuk bangunan, kuliner, maupun pendidikan. Islam juga meninggalkan jejaknya pada sektor kesenian terutama batik. Salah satunya terekam dalam batik Besurek asal Bengkulu. 

foto : zesy-madara.blogspot.com


Coraknya unik: berupa tulisan Alquran dan huruf Arab gundul, hingga perpaduan antara motif flora dan fauna sebagai manifestasi hubungan damai antara manusia, alam dan Tuhan.

foto : fitinline.com



Kemunculan batik Besurek ini telah dimulai saat masuknya ajaran Islam pada masa kerajaan Jambi sejak awal abad ke- 16. Itu artinya tradisi membatik di wilayah Jambi telah mengakar. 
Ketika itu kain Besurek diperlukan sebagai peralatan siklus kemanusiaan, seperti kelahiran, perkawinan, cukur rambut anak, sampai kematian. Dengan menggunakan batik Besurek yang bertuliskan ayat suci Alquran diharapkan setiap acara tersebut berjalan dengan lancar dan aman.


foto : gpswisataindonesia.blogspot.com



Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi Besurek semakin modis tanpa kehilangan motif Islaminya. Kini batik Besurek khas Bengkulu mulai dipakai tak lagi sekadar keperluan adat tetapi menjadi busana kantoran.

infobudaya.net
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru