Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Senin, 13 Juli 2015

Ini Cara Mudah Merawat Kain Songket

Songket Padang by Aman Lase Collections



Tidak perlu ragu membeli kain songket karena takut tidak bisa merawatnya agar tetap indah. Memang harganya bisa dibilang cukup mahal, tapi ternyata melakukan perawatan untuk kain songket tidaklah sesulit yang dibayangkan.



Beberapa tips merawat kain songket :



Tidak Perlu Dicuci



Kain songket merupakan kain yang biasanya dibuat dengan benang emas atau perak. Karena alasan inilah, kain songket tidak perlu dicuci. Apalagi, biasanya penggunaan kain songket memang hanya untuk acara tertentu. Jadi, pencucian kain songket tidaklah diperlukan, kecuali kain songket tersebut tidak menggunakan material dari metal dalam pembuatannya.



Diangin-anginkan



Setelah memakai kain songket, jemur kain tersebut. Cukup dengan diangin-anginkan saja dan jika memang perlu dibersihkan, keluarkan dari lemari setiap sebulan sekali dan bentangkan kain songket tersebut. Jika ada spot yang harus dibersihkan, bersihkan saja menggunakan kapas, atau kain basah untuk menghilangkan noda.



Gunakan Kertas Bebas Asam



Saat menyimpan kain songket di dalam lemari, pastikan kain songket tersebut digulung menggunakan kertas bebas asam. Biasanya kain songket terbuat dari benang emas, karena benang logam itu sangat rentan terhadap kondisi asam, jadi harus pakai kertas yang bebas asam supaya kondisi benang metalnya bisa tetap terjaga. Kain songket dialaskan dengan kertas bebas asam, kemudian digulung.




Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru