Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Rabu, 31 Agustus 2016

Pemkab Madiun Kembangkan 4 Motif Batik Khas

ilustrasi : foto Aman Lase Collection


Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mengembangkan 4 motif batik yang akan dijadikan kekhasan atau ciri dari wilayah setempat dengan menggandeng para perajin batik yang ada.

"Keempat motif batik yang dikembangkan dan dijadikan ciri khas dari batik Kabupaten Madiun tersebut adalah Batik Kenongo yang merupakan motif batik paling tua, Batik Porang, Batik Serat Jati, dan Batik Gabah Sinawur," ujar Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata (Diskoperindagta) Kabupaten Madiun Sawung Rehtomo, Senin (29/8/2016).

Menurut dia, jumlah kelompok perajin batik di Kabupaten Madiun saat ini ada sekitar 10 kelompok. "Pengembangan batik yang digarap Pemkab Madiun tersebut tentu saja dengan melibatkan 10 kelompok perajin batik yang ada. Mereka memproduksi, baik batik tulis maupun batik cap," katanya.

Masing-masing kelompok perajin tersebut masih berskala kecil produktivitasnya. Bahkan, terkadang mereka memproduksi batik berdasarkan pesanan saja. Meski demikian, para perajin tersebut sangat giat melestarikan budaya batik yang telah menjadi ikon Dunia.

Sawung menjelaskan, masing-masing corak batik khas Madiun tersebut memiliki makna tersendiri. Seperti unsur motif gabah sinawur melambangkan Kabupaten Madiun sebagai lumbung pangan, terutama padi di Jawa Timur sebelah barat.

Demikian juga dengan unsur motif porang yang merupakan komoditas ekspor warga tepian hutan di Kabupaten Madiun, motif serat jati yang melambangkan wilayah Kabupaten Madiun 40% berupa hutan jati, dan motif kenanga melambangkan keharuman dan diambil dari nama desa tempat batik tersebut dibuat, yakni di Desa Kenongorejo, Pilangkenceng.

Untuk mengembangkan batik khas di wilayahnya, Pemkab Madiun telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya, penggunaan seragam batik khas bagi seluruh PNS di Kabupaten Madiun seminggu sekali serta pameran batik baik di tingkat regional maupun nasional.

sumber : bisniscom
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru