Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Minggu, 28 Agustus 2016

Tenun Pa'ruki, Karya Khas Ibu-ibu Kampung Tenun Lembang Tolo Toraja Utara

foto : Tribun

Kampung tenun Tana Toraja terletak di Lembang Tonglo, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Ibu-ibu di kampung ini sebagian besar berprofesi sebagai penenun kain yang dibina langsung oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tana Toraja. Kain tenun khas yang dihasilkan di kampung tenun ini yakni Tenun Pa'ruki.

Dibuat dengan berbagia teknik tenun, seperti  perapian benang (Pa'renden) hingga tingkat paling sulit tenun (Pa'tandun).

Lama pengerjaan kain tenun ini 4 hari. Harga kain tenun Pa'ruki dari Rp 1 Juta hingga Rp 2 Juta per lembar. Kain ini paling banyak diburu oleh Wisatawan jika berkunjung di Tana Toraja

"Di Desa ini ada 2 kelompok penenun binaan Dekranasda Tana Toraja, Kain tenun Pa'ruki menjadi salah satu andalan disini," ujar Kepala Lembang Tonglo, Daniel Tulak, kepada TribunToraja.com, Sabtu (28/5/2016).

Kampung tenun ini terletak di sebelah utara Kota Makale Tana Toraja. Salah satu destinasi yang dikunjungi tim Celebes Explore Tribun Timur bersama Honda.


sumber : tribun
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru