Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Sabtu, 24 September 2016

Istilah-istilah dalam Jual-Beli Online yang Penting untuk Diketahui



Jual beli online sudah semakin menjadi pilihan, karena banyak keuntungan dan kemudahan baik dari sisi Penjual maupun Pembeli. Ada istilah-istilah dalam transaksi online yang mungkin belum lazim di telinga Anda. 

Untuk beberapa istilah, sejauh pengamatan penulis (Aman Lase) biasa nya hanya digunakan/ditemui secara terbuka di media sosial (medsos) Kaskus, mungkin karena medsos ini mayoritas pengguna nya adalah anak-anak muda sehingga interaksi berlangsung lebih terbuka (interaksi antar sebaya).

Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan dalam jual beli online :

BPJS (Budget Pas-Pasan Jiwa Sosialita) : Istilah ini biasanya disematkan kepada calon pembeli yang suka menawar harga barang online.

CLBK (chat lama beli kagak) : Biasa disematkan untuk calon konsumen yang bertanya-tanya terus pagi siang malam namun ujung-ujungnya tidak jadi beli.

Agan/gan : juragan (penjual)

Sist : Sister 

COD (Cash on Delivery) : Pembayaran dilakukan jika barang telah sampai kepada pembeli. Penjual dan pembeli bertemu secara langsung atau bisa juga melalui kurir. 

Pembeli PHP (pemberi harapan palsu): Istilah ini biasanya disematkan untuk calon pembeli yang sudah banyak bertanya tentang produk dan ongkos kirim, meminta totalkan biaya yang harus dibayar, namun saat totalan dan transfer dia tiba-tiba menghilang tiada kabar.

Palkor : istilah ini hampir sama artinya dengan PHP atau penipu, disematkan untuk calon pembeli yang sudah banyak bertanya tentang produk dan ongkos kirim, meminta totalkan biaya yang harus dibayar, namun saat totalan dan transfer atau saat janjian (COD) dia tiba-tiba menghilang tiada kabar.

Pance : Kependekan dari panjang cerita alias komentar dan tanya-tanya terus tapi ujung-ujungnya tidak jadi beli.

Hit and Run : Konsumen yang memesan barang dan berjanji akan transfer pada waktu yang telah ditentukan, namun pada saat jatuh tempo tetap tidak membayar. Ada juga yang sampai memblokir penjual agar tidak ditagih pembayarannya.

Noken : Kependekan dari No Kendala alias tanpa cacat. Biasanya digunakan ketika berjual beli barang elektronik seperti HP, Laptop, dll.

OS (Online Shop) : Toko yang berjualan melalui internet, baik melalui Facebook, website, instagram, BBM, market place online shop dll.

Seller : Penjual

Cust (Customer) : Pembeli

Supplier : Toko yang menjadi pemasok barang bagi para penjual

Dropship : Seorang penjual tidak perlu menyediakan barang, barang disediakan oleh supplier. Penjual hanya mempromosikan barang, jika ada pembeli maka supplier yang akan mengirim barang kepada pebeli namun nama pengirim yang tertulis adalah nama penjual.

TT : TT mempunyai banyak arti, diantaranya adalah transfer tunai dan tukar tambah.

Tuti (Tukang tipu) : Biasanya digunakan untuk penjual yang kabur setelah pembeli mentransfer sejumlah uang untuk pembelian barang.

WTB (Want to Buy) : Biasanya digunakan untuk yang ingin membeli atau sedang mencari barang untuk dibeli. Ditulis sebelum Spesifikasi barang yang akan dibeli.

WTS (Want to Sell) : Biasanya digunakan penjual untuk menjual barang. Ditulis sebelum Spesifikasi barang yang akan dijual.

WTT : adalah singkatan dari Want To Trade digunakan baik oleh Penjual atau Pembeli saat ingin trade (tukar tambah)

HH (Hand Held) :  HH  sebenarnya juga sama dengan HP hanya saja HH digunakan untuk menyebut HP yang bersistem Operasi Android

Nyabar (Nyari Barang) : Digunakan oleh calon pembeli yang sedang mencari barang untuk dibeli. Ditulis sebelum Spesifikasi barang yang akan dibeli.

Fix No Cancel : Istilah ini digunakan oleh penjual untuk konsumen. Arti dari istilah ini adalah jika konsumen sudah memesan barang dan menyatakan jadi membeli barang yang ditawarkan, maka pembeli tidak bisa membatalkan pembelian. Biasanya pembeli akan masuk dalam daftar Blacklist jika membatalkan transaksinya.

Keep : Istilah ini digunakan oleh pembeli yang meminta penjual untuk menyimpan barang yang telah dipesan dan akan dibayar sesuai waktu yang telah ditentukan atau sebaliknya Penjual memberikan batas waktu kepada calon pembeli bahwa stok barang yang akan dibeli akan dijamin ketersediaannya hingga pada batas waktu yang ditentukan oleh penjual. 

KOS : Kumpulan Online Shop

Rekber : Rekening bersama, rekening ini dimiliki oleh sebuah badan khusus. Dalam berjual beli disarankan menggunakan rekber agar terhindar dari penipuan. Dengan menggunakan rekber, pembeli akan membayar tagihan pembelian online-nya kepada penyedia jasa rekber (bukan kepada penjual langsung), jika barang sudah diterima oleh pembeli maka penyedia jasa rekber baru membayarkan uang tersebut kepada penjual. Transaksi jenis ini berlangsung pada market place online, misalnya bukalapak, lazada, elevenia dll.

Ongkir : Merupakan kependekan dari ongkos kirim. 

Freeong : Merupakan kependekan dari Free Ongkir. Artinya gratis biaya pengiriman.

Sold Out : Habis terjual

Ready stok : Barang tersedia

Reject : Barang mengalami kecacatan atau dalam kondisi tidak bagus.

CP (Contact Person) : CP adalah nomor telepon, pin BBM, akun whatsapp, YM, LINE dll dari si penjual yang bisa dihubungi untuk bertanya seputar barang yang dijual.

PM (Private Message) : digunakan untuk ajang diskusi antar penjual dan pembeli untuk mengetahui informasi tentang barang yang dijual secara lebih rahasia/pribadi, misalnya melalui inbox Facebook (bukan melalui kolom komentar facebook), atau via Whatsapp dll. Dahulu istilah ini juga dikenal dengan 'Japri = jalur pribadi'. 

Return/retur : Barang dikembalikan kepada penjual karena kondisi dan kesepakatan tertentu

Trusted OS : Online shop yang dapat dipercaya

Nomor Resi : Nomor tanda bukti pengiriman dari ekspedisi.

Ekspedisi : penyedia layanan jasa pengiriman, misalnya JNE, POS, TIKI, dll

Booked : barang telah dipesan orang namun belum dibayar.

Testimoni : Berisi kesan dan pesan dari pembeli tentang produk atau online shop yang bersangkutan.

Up : Komentar 'Up' di Group Facebook atau Kaskus bertujuan agar posting di Kaskus (Group Facebook) selalu tampil di posisi atas, dari sisi Penjual maka berfungsi supaya iklan semakin mudah terlihat/terjual dan dari sisi Pembeli agar bila suatu saat nanti ia sudah benar-benar ingin membeli produk yanag ada di posting tersebut maka postingan tersebut mudah dicari karena posisinya di bagian atas.

PnP (Plug and Play) : adalah penjelasan mengenai barang yang dijual dimana barang yang dibeli dapat langsung dipasang dan digunakan (biasanya untuk produk elektronik).

PO (Pre Order) : adalah cara berjualan yang mengharuskan Pembeli melakukan pemesanan dan pembayaran DP terlebih dahulu. Pembeli juga harus menunggu proses produksi hingga kuota minimal untuk produksi tercapai.
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru