Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Kamis, 29 September 2016

Mahasiswi ISI Yogya Ini Buat Karya Batik Motif Psychedelic

Rossyta Wahyutiar


Memiliki bakat keturunan dari keluarga di bidang seni rupa, Rossyta Wahyutiar (22) makin mantap untuk menggeluti bidang ini.

Gadis yang akrab disapa Oci ini sedang mengasah dan menambah pengetahuannya di bidang seni dengan melanjutkan studinya di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dengan mengambil jurusan Kriya Tekstil, dan mengambil fokus di batik.

Selain itu, hingga saat ini Oci memiliki hobi yang terus dijalaninya dibidang seni, yaitu menciptakan berbagai macam gambar ilustrasi dekoratif. Saat membuat ilustrasi dekoratif, Oci dituntut untuk membuat sebuah gambar penuh di media yang ia gunakan.
Menggabungkan antara fokusnya di Universitas dan hobinya tersebut, Oci membuat sebuah terobosan dengan menciptakan batik kontemporer, yaitu motif psychedelic.

"Kalau pada umunya batik itu selalu pakai malam dan canting, di sini aku lebih pakai kuas plus motif yang aku pakai bener-bener pure ide aku sendiri. Setelah motif jadi dan malamnya dihilangkan, batik yang udah jadi aku kasih aksen bordir. Ide ini aku dapet supaya karyaku gampang diinget aja ciri khasnya, seperti "Oh ini pasti karya Oci"," ujar Oci.

Motif batik Psychedelic ia gunakan dalam karyanya karena terinspirasi dari aliran seni yang booming di era tahun 1960-an, dan dipopulerkan oleh para kaum Hippies.

Menurutnya, warna-warna yang digunakan merupakan warna-warna kontras atau terang. Objek yang digunakan pun, kata Oci, kadang tidak nyambung satu sama lain, dan cenderung mirip surealis.
"Nah kurang lebih motif aku kaya gitu. Pakai warna kontras dan objeknya nggak cuma satu tema dalam berbagai karya. Sengaja ambil ini supaya karya aku nggak monoton di setiap karyanya untuk ke depannya nanti," tutur Oci.

"Aku mau produksi pakai namaku. Karena sayang juga misal harus beralih ke bidang lain untuk bisnis. Jadi diterusin aja hobinya, hobi berbayar kan enak," tambahnya. 

sumber : tribunjogja
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru