Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Rabu, 05 Oktober 2016

3 Cagub DKI dan Batik Betawi


Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memakai batik motif ondel-ondel saat menyapa warga di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Ahad (2/10).

Di Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2016, Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, tak lupa mengenakan batik. Anies mengenakan kemeja batik khas Jakarta dengan motif ondel-ondel saat menyapa warga di Kampung Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, Ahad (2/10).

"Ini kesempatan kita untuk mengangkat Batik Betawi," ujar Anies, sambil memamerkan batiknya yang berwarna coklat muda.

Anies menilai, Batik Betawi belum dikembangkan secara serius sehingga kurang mendapat tempat di masyarakat. Karenanya, jika terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies berjanji akan membuat kebijakan komprehensif untuk mengembangkan kekayaan budaya yang telah diakui oleh UNESCO tersebut.

"Batik Betawi kalau saya lihat sekarang ruangnya agak terbatas. Ke depan kita ingin Batik Betawi mendapat tempat, ada dukungan dari pemerintah bagi pengrajin batik," ucap bakal calon gubernur yang diusung PKS dan Gerindra tersebut.

Di Kampung Tanah Merah, Anies juga sempat menandatangani kontrak politik dengan warga setempat. Salah satu poin dalam kontrak politik tersebut memuat komitmen pasangan Anies Baswedan-Sanidaga Uno untuk mempertahankan kebudayaan dan kearifan lokal yang telah tumbuh di kampung-kampung Jakarta.




Diberbagai kesempatan, terlihat Ahok memakai Batik Betawi, Batik khas Jakarta.

Pada acara 'Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik Menuju One Agency-One Innovation' di Ruang Pola Blok G, Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (5/11/2015) terlihat Ahok memakai Batik Betawi.
"Hari ini saya bukan nggak solider nggak pakai baju sadariyah, karena Pergub kita mengatur pakai baju khas Jakarta atau Betawi. Kita mau promosiin, ini corak batik Jakarta," ucap Ahok dalam sambutan 

Dalam forum yang dihadiri ratusan orang itu, baik camat, lurah, walikota dan pejabat se-DKI Jakarta itu memang seluruhnya mengenakan baju sadariyah berwarna putih. Bagi pria ada sarung yang dikalungkan di pundak dan peci. Hanya Ahok yang memakai batik.

"Kita ingin supaya produk kita dikenal. Kalau diperkenalkan, orang akan lihat," lanjut Ahok dalam acara yang turut dihadiri MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi itu.

Menurut Ahok, batik betawi itu bisa menjadi alternatif untuk seragam dinas selain baju sadariyah. Dipakainya pun enak. "(Dipakai) di dalam gedung ini hangat, enak. Kalau perempuan pakai lebih cantik dan lebih seksi," candanya disambut tawa kecil pejabat DKI.

Soal batik, Betawi memang sudah lama mempunyai batik yang menunjukkan identitas Jakarta sebagai ibu kota dengan segala kebudayaan yang dimiliki. Coraknya pun beragam, mulai motif ondel-ondel, ciliwung, rasamala, salakanegara dan lainnya.

Nah, batik yang dikenakan Ahok ini mungkin coraknya baru, yaitu berwarna merah hati dengan motif bunga yang elegan, alias tidak terlalu ramai.




2 Oktober  2016, saat peringatan Hari Batik Nasional, bakal calon gubernur DKI Agus Harimurti melakukan olahraga lari di Car Free Day (CFD).

Menurut Agus, jika dirinya terpilih menjadi gubernur, dirinya akan mensosialisasikan batik Betawi. Batik Betawi merupakan batik khas DKI Jakarta.

"Iya kita harus melestarikan batik. Tak hanya itu kita juga harus lebih menduniakan batik, khususnya batik khas betawi," kata Agus Harimurti Yudhoyono di Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (2/10/2016).

"Tentu saja saya akan mensosialisasikan batik Betawi bila diri saya dipercaya sebagai Gubernur DKI. Karena ini juga satu aset, tidak hanya Jakarta tapi juga Indonesia," lanjutnya.


upadate 25-10-2016 : Agus Harimurti, Sylviana Murni, dan Annisa Pohan kompak mengenakan pakaian batik Betawi menuju lokasi penetapan paslon cagub dan cawagub KPUD di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016). 
upadate 25-10-2016 : Pasangan cagub cawagub DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni tampil serasi mengenakan batik Betawi bermotif ondel-ondel dan Monas jelang pelepasan dari Wisma Proklamasi ke Balai Sudirman untuk menghadiri penetapan pasangan cagub cawagub KPUD (ANTARA News/Nanien Yuniar)


Berikut Kemeja motif Batik Betawi oleh Aman Lase Collection : 


Kemeja motif Batik Betawi ALC1407


Sumber/referensi : detik dan republika
Penulis : Aman Lase
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru