Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Rabu, 12 Oktober 2016

Limbah Kain Tenun Disulap Jadi Karya Unggulan

Limbah kain menjadi sangat bermanfaat ketika dijadikan sarung bantal unik. Hal itu berkat tangan kreatif para desainer yang mengolah berbagai menjadi beragam benda unik dan menarik. Foto/ Sindonews/ Diana Rafikasari


Tangan kreatif para desainer bisa menyulap berbagai hal menjadi beragam benda unik dan menarik seperti yang dilakukan interior designer Sugeng Untung.

Dalam acara Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Sawahlunto, Padang, Sugeng memamerkan hasil karyanya dari limbah benang dan tenun. 

"Awalnya kita berpikir tenun terlalu mahal untuk anak muda. Untuk kain saja harganya mahal dan untuk saya cowok buat apa kain?. Cewek beli kain pun malas menjahit. Jadi kita berpikir kenapa nggak potongan kecil aja, terus kita aplikasikan ke bantal, tempat pinsil, hiasan dinding dan cushion yang diambil dari sisa kain tenun," kata Sugeng saat pameran IKKON  yang mengusung Basamo di Sawahlunto, Padang, Sabtu (8/10/2016).


Menariknya, hasil karya ini tidak dibuat sendiri, melainkan dibuat dengan kolaborasi bersama perajin lokal. Sementara, untuk proses pembuatannya cukup mudah. Untuk satu buah bantal, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

"Pertama kita datang ke tukang jahit dan lihat sisa kain atau limbahnya. Kita ambil dan kita cocokan. Untuk bantal warna putih misalnya, cocoknya dengan warna apa dan kita jahit. Sebentar banget," jelasnya.

Untuk ciri khas Basamo, dipilih motif Segelamai yang ditemukan telah ratusan tahun lalu. Motif ini diaplikasikan ke busana dan barang lainnya. "Untuk ciri khas Basamo, kita pilih motif Segelamai yang seperti belah ketupat dan artinya itu potongan dodol. Dodol yang sifatnya lengket itu diartikan sebagai kebersamaan," ujar dia.

"Hasil kolaborasi ini sangat disambut baik oleh masyarakat. Karya ini nantinya bisa menjadi oleh-oleh dari kita dan bisa menjadi ciri khas oleh-oleh dari Sawahlunto," tambah Sugeng.

sumber : sindonews.com
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru