Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Rabu, 02 November 2016

Batik Trenggalek Akan Dipakai Miss Universe 2016

Batik Trenggalek pada Kontes Miss Universe 2016
Foto : Pia Alonzo Wurtzbach, Miss Philippines, Miss Universe 2015 - latintimes.com


Batik tulis Trenggalek akan dipakai oleh Miss Universe 2016 di Bogota, Kolombia. 


"Jadi dari hasil komunikasi yang kami lakukan ke KBRI di Bogota, akhirnya disepakati bahwa batik Indonesia yang dipakai untuk finalis Miss Mundo (Miss Universe) adalah batik tulis Trenggalek," kata Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, Rabu (2/11/2016)
Baca juga : Cara Membedakan Antara Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Cetak (Printing Motif Batik)

Menurutnya, jenis yang akan digunakan adalah batik pewarna alam, yang sebelumnya berhasil menyabet juara di Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). "Pemilihan batik Trenggalek tersebut merupakan kebanggan tersendiri bagi masyarakat kota keripik tempe", lanjut Emil. Baca juga: Istilah-istilah pada Batik Tulis yang mungkin belum Anda ketahui

"Ini adalah salah satu cara kami untuk memperkenalkan potensi dan hasil karya masyarakat Trenggalek di kancah Internasional. Kami yakin, ke depannya akan berdampak langsung terhadap para pengrajin batik Trenggalek," ujarnya. 


Istri Bupati Trenggalek menggunakan Batik Tulis Trenggalek (kiri)
Foto: Dok Humas Pemkab Trenggalek


Suami Arumi Bachsin ini menjelaskan, batik tulis Trenggalek tersebut nantinya akan ditampilkan dalam acara "World Peace Festival" di Bogota pada rangkaian acara Miss Universe 2016, Kolombia, 24 November 2016 mendatang. 


Ia mengaku, sengaja memperkenalkan potensi daerahnya dengan sistem kerjasama bilateral melalui KBRI. Hal ini dilakukan karena dinilai lebih efektif dan hemat biaya, mengingat kondisi keuangan yang dimiliki pemerintah kabupaten sangatlah terbatas.
Baca juga:  Tips Belanja Online Pakaian Bermotif Batik

"Kami tidak mungkin menggelar pameran atau festival batik di negeri orang secara besar-besaran , karena pastinya butuh anggaran yang sangat besar," kata peraih gelar Doktor termuda se-Asia Pasifik ini. 

Batik merupakan salah satu karya bangsa Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Di Trenggalek sendiri, jumlah pengrajin batik cukup banyak, yang tersebar di Kecamatan Trenggalek, Karangan, Pogalan dan Kecamatan Kampak.
Baca juga: Istilah-istilah dalam Jual-Beli Online yang Penting untuk Diketahui

sumber: detikcom


www.amanlase.com(untuk tampilan web blog yang lengkap silahkan buka web blog melalui Laptop atau kalau dari HP pilih versi web).

Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru