Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Senin, 05 Desember 2016

Selain Batik, Presiden Jokowi Juga Sering Terlihat Memakai Kemeja Tenun NTT

Presiden Jokowi memakai TENUN NTT, memberi arahan dalam acara Penandatanganan Kontrak Kegiatan Strategis T.A.2016 Kementrian Perhubungan (18/1). Foto: kabardariflores.blogspot.co.id


KOTA Kupang  Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memang sudah diakui akan keindahan alam dan kain tenun tradisionalnya. Maka tak heran Presiden Joko Widodo mengaku bangga kenakan busana tenun khas NTT saat berkunjung ke Kupang. 

"Hari ini saya menggunakan baju tenun dari NTT," jelasnya disela-sela Perayaan Harganas ke-23 di Kupang, Sabtu (30/7/2016). 


Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana pada acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 (Wartakepri.com) . ©2016 Otonomi.co.id

Sebelum Presiden Jokowi menunjukkan dari mana asal tenun itu berasal, Presiden Jokowi sempat memanggil pelajar yang ada di Kupang. Salah satunya adalah Melani, pelajar SMAN 3 Kupang yang menjelaskan jika baju tenun yang digunakan oleh Bapak Presiden Jokowi, berasal dari Kabupaten Sika. 
"Tenun yang dipakai Bapak dari Kabupaten Sika Maumere," jawab Melani. Jokowi lantas membenarkan hal tersebut dan mempersilahkan pelajar tersebut mengambil salah satu sepeda yang telah dipersiapkan sebagai hadiah dari Presiden untuk masyarakat kota Kupang. 

Jokowi menambahkan dengan adanya Harganas menjadi sebuah awal bagi seluruh keluarga Indonesia membentuk keluarga yang berkualitas. "Saya berharap dengan Harganas ini keluarga Indonesia kedepan semakin berkualitas dan membentuk negara yang semakin berkualitas," pungkasnya.


Presiden Joko Widodo mengenakan kemeja lengan panjang bahan tenun ikat asal NTT saat memimpin rapat terbatas di kantor kepresidenan, Selasa (5/1). FOTO: Natalia/JPNN.com

Jokowi juga memakai kemeja lengan panjang bahan tenun saat memimpin sejumlah rapat terbatas di kantor kepresidenan.

“Itu dari tenun ikat NTT, saat beliau berkunjung ke sana akhir tahun lalu,” ujar anggota tim komunikasi presiden Ari Dwipayana kepada JPNN, Selasa (5/1).

Sepanjang akhir tahun lalu, Jokowi memang mengunjungi sejumlah daerah di Indonesia timur. Pada 28 Desember lalu, Jokowi berkunjung ke NTT untuk meninjau sejumlah proyek dan mengikuti perayaan Natal bersama nasional.

Dari NTT, ia membawa oleh-oleh pakaian dari tenun ikat. Yang dipakainya hari ini adalah kain tenun ikat khas Pulau Sabu, NTT.

Setiap kali ke daerah yang dikunjungi, biasanya Jokowi memang mengumpulkan batik maupun kain khas wilayah tersebut. Ibu Negara Iriana yang memilihkan untuknya.

“Waktu itu, Pak Jokowi kan sempat dengan Ibu Negara ke tempat souvenir di Kupang, jadi mungkin beli juga kain tenun," ujar Kepala Biro Pers Istana, Bey Machmudin


Presiden Jokowi  pada acara peletakan batu pertama Proyek Kereta Cepat Jkt-Bdg(21/1)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo ingin sejajarkan tenun ikat NTT dengan batik Jawa. 
"Tenun NTT bisa sejajar dengan batik, saya berusaha mulai dari istana. Mari jaga dan lestarikan," ujarnya. 

"Tenun NTT diminati Dunia Mode. Saya berupaya mendukung Tenun NTT eksis hingga Dunia Internasional. Salah satu keberhasilan menjadi penerus leluhur NTT adalah dengan melanjutkan kearifan lokal karya Leluhur", tulis Presiden Jokowi di akun facebook dan twitternya.

Jokowi juga mengatakan tenun ikat Flores itu unik, motifnya kaya dan nyaman dipakai.


Jokowi dengan Tenun  Ikat Flores NTT

Jokowi memakai kemeja tenun ikat dari Ende Flores NTT pada saat kunjungi lokasi ledakan Bom Sarinah

Ini dia koleksi Kemeja Tenun NTT Aman Lase Collection : 


Tenun NTT Aman Lase Collection

Tenun NTT kombinasi Tenun Polos Aman Lase Collection


sumber : okezone, merdeka.com, jpnn.com
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru