Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Sabtu, 07 Januari 2017

3 Cara Mengkonversi Follower Social Media Menjadi Konsumen

Social media adalah sebuah marketing tools yang paling banyak digunakan saat ini. Tetapi dengan begitu banyak pengguna social media yang memposting sebuah status ataupun konten berseri membuat para pebisnis online merasa kewalahan. Lini masa yang terus bergerak membuat konten Anda mudah bergulir dan tenggelam sehingga tidak banyak yang melihat.

Sebagai pebisnis online yang membutuhkan konversi follower social media menjadi konsumen, Anda perlu membuat konten yang berkualitas. Konten adalah raja, dan konten yang memiliki kualitas tinggi adalah satu-satunya cara untuk membuat konten Anda mudah ditemukan melalui mesin pencari. Konten yang berkualitas juga dapat membantu Anda meningkatkan engagement dan brand awareness dengan follower di social media. Nah, bagaimana caranya mengkonversi follower social media menjadi konsumen?, silahkan disimak tips berikut ini, ya! :


1. Buatlah headline yang menarik. 
Untuk mengkonversi follower social media menjadi konsumen, Anda dapat memposting status ataupun membuat konten berseri mengenai artikel terbaru di website Anda. Jangan lupa untuk menyisipkan link artikel disertai headline yang menarik. Membuat headline yang menarik adalah bagian paling utama dari sebuah konten.
Baca juga: Tips Memulai Usaha Batik dengan Modal Kecil

Anda tentu tidak akan membaca isi koran yang headlinenya biasa saja. Hal ini juga berlaku pada konten pada social media yang Anda buat. Dengan headline yang biasa saja dan terlihat pasaran tidak akan membuat follower meng-klik headline Anda untuk mengetahui apa isinya. Mungkin follower Anda tidak tertarik untuk melakukan pembelian melalui social media, namun bisa saja mereka tertarik ketika mengklik link yang Anda bagikan dan melakukan pemesanan melalui website.

2. Berikan call to action yang jelas. 
Banyak pengguna social media yang merasa jenuh dan langsung men-scroll halaman lini masa ketika melihat postingan yang terus menerus jualan. Jika Anda ingin follower Anda melakukan pemesanan kepada produk Anda, hentikan promosi dan mulailah memberikan konten-konten persuasif. 

Sebagai contoh, Anda menjelaskan alasan mengapa produk Anda sangat penting dan sebagainya. Call to action yang sukses mampu menonjolkan permasalahan yang dihadapi oleh target market Anda dan menekankan manfaat produk atau jasa Anda dalam memecahkan permasalahan tersebut. Apabila follower Anda merasa butuh, mereka akan langsung melakukan pembelian.
Baca juga: Kolektor: Batik Bisa Jadi Investasi Menjanjikan

3. Tentukan influencer yang sesuai dengan target market Anda. 
Tentukan dulu siapa target market Anda, apakah kalangan remaja atau ibu rumah tangga. Kemudian lakukan kerjasama dengan menggunakan tokoh terkenal atau selebriti untuk membangun interaksi dengan target market Anda. 

Follower ataupun fans dari influencer akan terpengaruh untuk menggunakan produk yang sama. Selain itu, mereka juga akan membawa komunitasnya untuk berbondong-bondong memfollow akun social media Anda hingga melakukan pembelian. Jangan lupa untuk memastikan bahwa influencer yang Anda gunakan mempromosikan produk beserta link website Anda untuk meningkatkan SEO website Anda. Selain meningkatkan penjualan, menggunakan influencer juga dapat meningkatkan backlink ke website Anda.
Baca juga: Investasi di Aman Lase Collection

Mengkonversi follower social media menjadi konsumen memang tidak mudah dan memerlukan latihan yang rutin. Sebagai pebisnis online, Anda perlu menanggapi permintaan maupun keluhan dari konsumen dengan ramah dan tetap fast response. Anda juga dapat merekrut admin maupun tim agar bisnis online Anda berkembang dengan lancar.

Konsistensi mengisi konten di website Anda, integrasi social media dan Google Analytics, mendaftar ke webmaster tools serta menggunakan keyword yang tepat juga merupakan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk lebih memaksimalkan website atau toko online Anda. Baca juga: Strategi Mendapatkan Investor untuk Bisnis Anda

sumber : webpraktis.com
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru