Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Sabtu, 07 Januari 2017

Strategi Mendapatkan Investor untuk Bisnis Anda



Apapun tujuan hidup, persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan. Jika ingin memulai usaha, untuk mendapatkan investor bukanlah perkara mudah.
Perlu membuat langkah-langkah spesifik supaya dapat meningkatkan kesempatan mendapat uang dari Investor.

Berikut beberapa langkah untuk mencapai tujuan tersebut:

1. Presentasikan sebuah bisnis, bukan sekadar ide
Investor mendengar banyak ide setiap hari. Sebagian besar tidak layak menjadi sebuah bisnis. Rencana bisnis saja tidak cukup menarik minat para pemodal.

Harus membuat model bisnis dengan skala, produk atau jasa, bahkan orang-orang yang tepat di dalamnya. Selain itu, juga harus membuktikan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Tunjukkan arus kas perusahaan
Bahkan jika jumlahnya tidak banyak, setidaknya tampilkan kalau perusahaan punya uang untuk memajukan kepentingan investor. Para pemodal ingin tahu bahwa tidak hanya sedang mencari uang, tapi juga memiliki dana untuk pertumbuhan bisnis.

Investor paham dengan logika umum, harus menghabiskan uang untuk menghasilkan uang. Tapi mereka ingin memastikan uang yang ditanamkan tidak untuk operasional perusahaan semata, seperti sewa kantor dan membayar gaji pegawai.

Kita juga pasti tidak mau di dalam posisi tidak memiliki uang tunai sama sekali. Celah seperti ini bisa dimanfaatkan para pemodal untuk mendapatkan kontrol lebih besar.

3. Ketahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan
Kita perlu tahu apa yang bakal diminta. Apakah mendapatkan modal untuk sumber daya? Kalau demikian berarti hanya membutuhkan partner yang memiliki sumber daya tersebut dan bersedia bekerja berdasarkan pembagian pendapatan.

Tapi kalau ingin investor yang punya modal dan dapat berfungsi sebagai mentor dan konektor, pastikan Kita tahu seberapa jauh batas keterlibatan mereka dalam perusahaan.

4. Lakukan riset
Setelah tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan, saatnya melakukan penelitian awal tentang jenis investor yang tepat. Setiap investor pasti meneliti Kita, melalui situs, sosial media, dan publikasi lainnya. Jadi, pastikan Kita melakukan hal serupa.

Meluangkan waktu mempelajari calon investor dapat membantu Kita lebih memahami apa saja yang bakal terjadi ketika modal perusahaan bertambah. Kita juga jadi tahu mitra seperti apa yang tepat untuk bisnis Kita.

5. Kembangkan strategi dan visi
Harus siap membahas masa depan secara rinci dengan investor. Jadi, perlu merumuskan tujuan strategi dan rencana bisnis jangkan panjang. Misalnya, kalau bisnis terus tumbuh, apakah akan mencari mitra lainnya? Apa strategi selanjutnya  kalau produk atau jasa telah berkembang?

Bayangkan Kita adalah arsitek sebuah gedung, sementara tim dan investor bekerja membangunnya dan menyokong keuangan di belakang proyek

sumber : ayopreneur.com
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru