Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Kamis, 23 Maret 2017

Tenun Lontara, Tenun Khas Makassar

Tenun Lontara

Dinas Perdagangan Dorong Warga Ciptakan Tenun Khas Makassar


Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar dorong perekonomian warga dari masing-masing kecamatan dengan memberi edukasi membuat tenun khas Makassar dengan mengangkat corak lontara sebagai ciri khasnya.

“Kita melihat potensi yang dimiliki seperti tenun lontara, kita berupaya melakukan pelatihan kepada kader yang dikirim pihak kecamatan, pelaksanaan ini tidak berorientasi proyek, jadi akan berlanjut dan orangnya kita edukasi terus jadi bisa melahirkan tenun ciri kota makassar,” ujar Kadisdag Makassar, Andi Muhammad Yasir usai melangsungkan pelatihan menenun di hotel Romedo Makassar, Senin (13/3/2017).




Selain itu, Yasir mengatakan telah menggandeng salah satu perusahaan tenun yakni Cita Tenun Indonesia untuk menguji kualitas tenun yang diciptakan warga Makassar.

“Kita ingin mulai dari pengetahuan tentang benang, tehnik pencelupan, dan bagian tenun. Kami sudah berkomunikasi dengan cita tenun Indonesia, yang telah memiliki kontribusi besar tentang tenun Indonesia. Ini akan mengisi display makassar,” tambahnya.

Koleksi Tenun NTT - Aman Lase Collection 


Saat ini, pihak Disdag tengah menyiapkan dua alat tenun manual yang akan digunakan selama pelatihan berlangsung. Diketahui pelatihan akan digelar dalam dua sesi dengan jangka waktu pelatihan selama tujuh hari.

“Langkah awal kita adakan alat tenun manual, ada dua alat tenun. Tapi belum ada bantuan dana untuk anggaran saat ini,” tutupnya.(*)


Kain Tenun Aksara Lontara Bisa Jadi Primadona Makassar


Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Makassar melirik kain tenun khas Makassar untuk di kembangkan.



Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar Indira Yusuf Ismail ingin kembangkan tenun lontara di Kota Makassar.
Foto : katakotakita.com


Dengan dipadukan aksara lontara Makassar, akan menjadi nilai jual yang bernilai ekonomis.

Demikian diungkapkan Ketua Dekranasda Kota Makassar, Hj. Indira Jusuf Ismail saat menghadiri kegiatan Pembinaan Pengrajin Home Industri Kelurahan (Pelatihan Tenun Lontara) di Hotel Ramedo, jln. Landak, Senin (13/3/2017).

“Ini potensi yang baik untuk mengembangkan tenun khas Makassar menjadi way of life bagi masyarakat,” ucap Indira di acara yang di gelar Dinas Perdagangan Makassar.


Koleksi Kemeja Tenun Baron
Aman Lase Collection


Istri walikota Makassar menambahkan, bahwa aksara lontara Makassar bisa dijadikan motif yang khas. Jika pengrajin sudah produktif menenun maka dengan sendirinya akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.

“Insya Allah produk tenun akan ditampilkan pada display pameran F8 nanti. Namun jangka panjangnya, membawa produk tenun lokal khas Makassar hingga pasar internasional,” ungkap ibu tiga anak ini.


Koleksi Tenun NTT - Aman Lase Collection


Pada acara ini di ikuti oleh delapan kecamatan yang terdiri dari 40 peserta dan berlangsung selama 7 hari dari 13-19 Maret 2017.

sumber :
Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru