Facebook  Twitter  Google+ Yahoo Instagram

Translate

Minggu, 26 Mei 2019

Khadi India and Batik Fashion Show 2019


KBRI New Delhi mengundang 3 orang Desainer Indonesia untuk menampilkan karya-karyanya yang langsung dibawakan dengan anggun oleh 14 orang Peragawati dan 5 orang Peragawan asal India. Selain desainer Indonesia, juga terdapat seorang desainer kawakan India, Ritu Beri yang merupakan duta untuk mempromosikan Khadi India ke dunia internasional.
Dengan tajuk Khadi and Batik Fashion Show, KBRI New Delhi menyuguhkan gelaran yang terbilang unik yaitu menampilkan karya batik yang dibuat di atas bahan Khadi India. Khadi merupakan bahan hasil tenun tangan para pengrajin India. Mulai dari proses pemintalan, penenunan hingga menjadi bahan kain, adalah proses yang sebut Khadi. Sementara Batik sendiri, merupakan proses membentuk motif, pemberian warna pada kain polos (katun atau sutera) dengan memberikan lilin dengan berbagai metode pewarnaan.




“Gelaran fashion show ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan India. Kedua negara selama ini telah memiliki ikatan budaya dan sosial yang kuat. Dengan memadukan proses tradisional yang dimiliki kedua negara, merupakan suatu keunikan yang kuat yang mencerminkan identitas kedua negara,” ungkap Arto Suryodipuro, Duta Besar RI untuk India.
“Batik dan Khadi adalah merupakan proses tradisional yang dimiliki kedua negara. Upaya memadukan kedua warisan tradisional ini merupakan suatu gagasan yang positif dan diharapkan dapat memberikan peluang bisnis bagi kedua negara. Indonesia dapat memanfaatkan Khadi sebagai alternatif bahan batik, dan sebaliknya dari Khadi menjadi batik dapat menjadi komoditas ekspor Indonesia ke India,” imbuh Arto.

Sebanyak 7 pakaian batik untuk perempuan dan 4 pakaian batik untuk laki-laki dipersiapkan oleh desainer dan juga pembatik, Arti Israwan yang mengedepankan corak batik klasik, sementara Hendri Budiman, dengan corak modern kontemporer, menyuguhkan 6 pakaian batik untuk perempuan dan 4 pakaian batik untuk laki-laki. Sementara, dengan keunikan tersendiri, Carmanita, selaku desainer kawakan Indonesia, memamerkan 15 karya batik di atas bahan Saree pakaian India yang semakin memberikan nuansa elegan batik Indonesia. Sungguh merupakan kombinasi dan perpaduan yang lengkap antara batik Indonesia, Khadi dan Saree India disajikan dihadapan 280 orang pengunjung, termasuk sejumlah pejabat tinggi dan anggota parlemen India.
Penyelenggaraan Khadi and Batik Fashion Show terselenggara atas kerja sama antara KBRI New Delhi dengan IAMKHADI, organisasi non-profit yang berupaya untuk melestarikan Khadi di India. Bertepatan juga di tahun ini, India merayakan peringatan 150 tahun kelahiran Mahatma Gandhi, sehingga semakin menyempurnakan kegiatan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan India.

Sumber : Kemenlu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger

Berita dan Tips-Tips Terbaru